Rabu, 27 Juli 2016

Cara cepat belajar mengetik 10 jari


siapa yang tidak ingin kalau mengetik menggunakan 10 jari,
untuk mengetik 10 jari kita hanya perlu keterampilan dan keterampilan bisa dimiliki hanya dengan sedikit belajar dan banyak latihan saja
 apakah saat menggarap tugas di Microsoft Word atau pun saat browsing dan chating dengan teman lewat Facebook dan Twitter. Pokoknya, apa pun yang anda lakukan di dunia maya akan terasa ringan kalau bisa berkomunikasi dengan tangan layaknya sedang bicara karena jari anda seperti ‘menari’ di atas keyboard komputer PC / Laptop. 


 Pertama kali mempraktekkan teknik ini mungkin akan terasa berat sekali, apalagi kalau sudah lancar mengetik dengan 2 jari, rasanya tuh seperti orang yang geram ingin berlari tapi hanya bisa jalan karena pincang.
yang diprlukan hanyalah  kesabaran dan disiplin anda untuk mau mengikuti semua arahan yang dijelaskan , terutama untuk selalu disiplin menggunakan tugas dari masing-masing jari saat menekan tombol huruf yang ada, apalagi untuk fungsi tonjolan kecil seperti garis pada huruf F dan J jangan sampai di abaikan yang mana keduanya berfungsi sebagai patokan saat mengetik tanpa melihat keyboard.


Posisi dan Fungsi Tiap Jari pada Keyboard

Perhatian kita di sini adalah apa tugas atau fungsi dari tiap jari yang kita miliki, dan agar mudah penjelasannya kami akan memetakan pada dua bagian, yakni jari kiri dan kanan. Manakala ada satu jari saja yang tidak digunakan sebagaimana tugasnya maka tentu tips yang anda pelajari ini tidak sempurna, apalagi jika sudah terbiasa tentu akan sulit dirubah. 

a. Tugas Jari Tangan Kanan

  • Telunjuk : Untuk tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6
  • Jari Tengah : Bertugas menekan huruf : K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)
  • Jari Manis : Pada huruf L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt
  • Kelingking : Semua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya  ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
  • Jempol : Spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau slaha satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

b. Tugas Jari Tangan Kiri

  • Telunjuk : Fungsinya untuk mengetik huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,
  • Jari Tengah : Untuk huruf D, E, C, dan angka 3.
  • Jari Manis : untuk huruf S, W, X, dan 2.
  • Kelingking : A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
  • Jempol : Menekan spasi. Rumusnya, bila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol maka baru menggunakan Jempol kiri ini dan demikian sebaliknya.

 # jangan menyerah kalau mencoba


Tidak ada komentar:

Posting Komentar